PROFIL PERPUSTAKAAN EMBUN NUSANTARA

  1. LATAR BELAKANG

Perpustakaan  “EMBUN NUSANTARA” merupakan salah satu perpustakaan yang berada di Desa Plajan Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara. Desa Plajan mempunyai penduduk dengan jumlah  8.038 jiwa dan jumlah Kepala Keluarga sebanyak 2.468 KK ditahun 2018.

Keberadaan Perpustakaan “EMBUN NUSANTARA” dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang ada di Desa Plajan pada khususnya dan umumnya diwilayah Kecamatan Pakis Aji, dengan mempunyai koleksi buku-buku dari berbagai jenis yang dapat dimanfaatkan untuk dibaca dalam rangka menambah wawasan berfikir maupun mendapatkan pengetahuan dari buku-buku yang ada.

Kegiatan perpustakaan “EMBUN NUSANTARA” Desa Plajan Kecamatan Pakis Aji berdampingan dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintahan Desa Plajan, dimana seluruh kegiatannya dapat terintegrasi dengan melaksanakan berbagai macam kegiatan yang dilaksanakan di perpustakaan desa seperti : Les Bahasa Inggris, Pelatihan komputer, dan ketrampilan. Para peserta kegiatan tersebut dapat melihat, memilih, dan membaca buku-buku yang ada di perpustakaan  “EMBUN NUSANTARA” Desa Plajan.

Dalam rangka meningkatkan minat baca dan kesadaran untuk berkunjung ke perpustakaan “EMBUN NUSANTARA” para pengelola maupun dari aparat pemerintah Desa Plajan seringkali memanfaatkan setiap kesempatan pertemuan menyisipkan informasi ajakan agar warga masyarakat memanfaatkan keberadaan perpustakaan desa “EMBUN NUSANTARA”.

Perpustakaan “EMBUN NUSANTARA” Desa Plajan Kecamatan Pakis Aji berdiri  pada tanggal 28 Oktober 2009 mewakili kecamatan Pakis Aji untuk mengikuti lomba perpustakaan Desa/Kelurahan Tingkat kecamatan, dengan gedung yang masih menyatu denga milik karang taruna dengan jumlah koleksi buku yang masih sangat minim. Kami menyadari bahwa dalam penyusunan buku profil perpustakaan ini kurang dari sempurna, untuk itu kami mohon kepada semua pihak untuk memberikan koreksi, saran yang konstruktif dalam rangka penyempurnaan penyusunan buku  ini.

 

 

  1. SEJARAH BERDIRINYA

Perpustakaan “EMBUN NUSANTARA” berdiri pada tanggal 28 Oktober 2009 atas prakarsa petinggi Plajan Beliau Bapak Marwoto berawal dari kegiatan Sosialisasi Gemar Membaca / Aku Cinta Membaca yang diadakan oleh Perpustakaan Daerah Kabupaten Jepara, kemudian dilanjutkan dengan musyawarah desa dan akhirnya terbentuklah perpustakaan “EMBUN NUSANTARA” beserta susunan kepengurusannya, dimana tempat kegiatannya berada dalam lokasi Kantor Balai Desa Plajan.

Bahan Pustaka awal yang dimiliki adalah sumbangan dari Perpustakaan Daerah Kabupaten Jepara serta dari bantuan Pemerintah Desa Plajan melalui Anggaran Alokasi Desa/ ADD. Pengurus yang ditunjuk sebagian besar telah mengikuti pelatihan tentang Pengelolaan perpustakaan yang diselenggarakan oleh Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Jepara. Sehingga bisa mengolah Bahan Pustaka yang ada yaitu dengan cara pemberian identitas atau pengecapan, Inventarisasi, Klasifikasi, Katalogisasi, Pelabelan serta perlengkapan buku yang lainnya.

  1. TUJUAN
    1. Tujuan Umum

Menumbuh kembangkan minat baca masyarakat Desa Plajan untuk menambah, memperluas pengetahuan, mencerdaskan dan meningkatkan kualitas hidup serta kesejahteraan masyarakat Desa Plajan itu sendiri.

  1. Tujuan Khusus
    • Memberikan wadah bagi masyarakat Desa Plajan untuk selalu mengembangkan diri baik pengetahuan maupun ketrampilan melalui kegiatan membaca dan kegiatan yang lain demi kesejahteraan keluarga.
    • Memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi.
    • Memperkenalkan Perpustakaan kepada anak sejak usia dini.
    • Sebagai alternative rekreasi menyenangkan.
    • Mengembangkan pola kerja sama dalam membangun sebuah organisasi yang mandiri.
    • Meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan berbagai peluang usaha yang diperoleh dari kegiatan membaca.
    • Terciptanya warga masyarakat Gemar Baca Tulis dan tahu akan Iptek.
    • Menjadikan Perpustakaan sebagai Rumah Belajar, Diskusi.

 

  1. VISI DAN MISI
    1. VISI

Perpustakaan desa sebagai sumber informasi ,rekreasi dan tempat masyarakat belajar sepanjang hayat “Long Life Education”

 

  1. MISI
  1. Meningkatkan kesadaran masyarakat desa terhdap pentingnya transformasi informasi, pengetahuan dan pengalaman melalui pustaka.
  2. Menumbuhkan minat baca masyarakat melalui usia dini.
  3. Meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengembangan dan pemberdayaan perpustakaan desa.
  4. Menjadikan perpustakaan yang nyaman.

Strategi – strategi Pengembangan Perpustakaan “EMBUN NUSANTARA”:

  1. Pelibatan pengambil keputusan di tingkat desa

Hal pertama yang kami lakukan adalah pendekatan kepada Ibu Kepala Desa dan Pimpinan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dalam hal ini kami sampaikan motivasi – motivasi pengembangan perpustakaan desa yang telah kami tanamkan lebih dahulu kepada segenap pengelola perpustakaan Embun Nusantara, sampai akhirnya Ibu Kepala Desa dan BPD mendukung sepenuhnya, baik program / kegiatan maupun sumber dananya;

  1. Pelibatan Masyarakat

Setelah Pengelola, Kepala Desa dan BPD sejalan, pelibatan masyarakat kami lakukan kepada kelompok-kelompok formal desa : Perangkat Desa, Tim Penggerak PKK, Ketua RW dan RT, Kader Posyandu, Karang Taruna, SD/MI, KWT dan Ponpes kami lanjutkan pelibatan kepada kelompok-kelompok non formal desa : Ikatan remaja Masjid, kelompok sinoman dan Wokre (wong kreatif), baru kepada masyarakat umum.

  1. Peningkatan Layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Dengan fasilitas Wifi yang dipasang di Desa Plajan bisa dijangkau/dinikmati oleh masyarakat yang lebih luas maka masyarakat datang ke balai desa  dan berkunjung di perpustakaan yang sudah di sediakan 3 komputer yang sudah tersambung ke internet.

 

  1. FUNGSI PERPUSTAKAAN “EMBUN NUSANTARA”
    1. Sebagai pusat kegiatan belajar.
    2. Sebagai sarana belajar mandiri.
    3. Meningkatkan minat baca masyarakat
    4. Pusat penelitian sederhana
    5. Sebagai sarana Diskusi bagi sebagian anggota dan warga masyarakat.
    6. Tempat rekreasi.
    7. ( tehnologi informasi dan komputer )

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan